31.7 C
Medan
Sabtu, Mei 25, 2024

BNNK Tanjungbalai Kampanyekan Anti Narkoba

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tanjungbalai (buseronline.com) – Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2023, BNNK Tanjungbalai menggelar jalan santai yang diikuti unsur pemerintah dan kalangan masyarakat serta pelajar.

Jalan sehat itu untuk mengkampanyekan gerakan anti narkoba kepada masyarakat, yang dilepas Wali Kota H Waris Thalib, bersama Kepala BNNK Hendrik Pahala Marbun, di Jalan Lingkar Utara, Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai.

Jalan sehat itu juga dirangkai dengan bagi-bagi doorprise pada peserta jalan sehat dan pencanangan dua kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) di Tanjungbalai yakni, Kelurahan Pasar Baru dan Kelurahan Sei Merbau.

Kepala BNNK Hendrik Pahala Marbun mengatakan HANI tahun 2023 diperingati oleh negara-negara di dunia pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya untuk memperkuat aksi dan kerja sama dalam mencapai dunia yang bebas dari penyalahgunaan Narkotika.

Peringatan HANI juga dilakukan sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap korban penyalahgunaan narkotika sekaligus wujud perlawanan terhadap salah satu kejahatan luar biasa yang menjadi tantangan negara-negara di seluruh dunia. Peringatan HANI menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan masalah utama yang di timbulkan oleh narkotika,” ucapnya.

Hendrik Marbun menyebutkan puncak peringatan HANI 2023 akan dilakukan oleh BNN RI bersama dengan seluruh elemen bangsa serta perwakilan negara negara sahabat di Garuda Wisnu Kencana.

“BNN RI sebagai leading institution dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), mengajak seluruh masyarakat dan dunia untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam perang melawan narkotika guna mewujudkan cita-cita bersama yaitu Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba).

Ia juga menambahkan program kelurahan Bersinar merupakan program prioritas nasional dan yang menjadi target kelurahan bersinar di Kota Tanjungbalai tahun 2023 adalah kelurahan pasar baru dan kelurahan sei-merbau.

Setelah pencanangan, katanya, diharapkan kepada seluruh stakeholder agar tetap melaksanakan program-program berbasis anti narkoba di kelurahan yang sudah di canangkan, seperti melaksanakan himbauan anti narkoba melalui kegiatan masyarakat seperti kegiatan keagamaan, gotong-royong atau pun kegiatan olahraga.

Sementara, H Waris Thalib mengatakan Pemerintah Kota Tanjungbalai sangat mendukung program P4GN melalui pencanangan kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba). Sebab menurutnya, program ini menekankan pentingnya pencegahan narkoba sejak tingkat kelurahan sebagai garda terdepan bersama peran masyarakat.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa saat ini siswa-siswi sekolah kita sudah ada yang memakai narkoba bahkan menjual narkoba, ini adalah perhatian khusus buat kita semua. Mari kita selamatkan generasi muda dan anak-anak kita dari bahaya nya narkoba,”tuturnya.

Peringatan HANI pada tahun 2023 mengusung tema Internasional “People Firtlst: stop Stigma and Discrimination, Strengthen Prevention”, sedangkan tema Nasional HANI adalah: Akselerasi war on drugs menuju Indonesia bersinar”.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru