24.9 C
Medan
Jumat, Juni 14, 2024

Rutan Kelas IIB Humbahas Razia Insidentil dan Tes Urine 

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Rutan Kelas IIB Kabupaten Humbahas memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) dengan mengadakan rangkaian kegiatan razia insidentil di kamar hunian warga binaan yang dipimpin Kepala KPR Tamrin Simamora SH dan dilanjutkan pelaksanaan tes urine, di Rutan Humbahas, Desa Hutagurgur, Kecamatan Doloksanggul.

Karutan Humbahas Herry Simatupang SH MH mengatakan HANI atau International Day against Drug Abuse and Illicit Trafficking diperingati oleh negara-negara di dunia pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya untuk memperkuat aksi dan kerja sama dalam mencapai dunia yang bebas dari penyalahgunaan narkotika.

BNN RI sebagai leading institution dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan dunia untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam perang melawan narkotika (War On Drugs) guna mewujudkan cita-cita bersama, yaitu Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba).

Di tahun ini, HANI mengusung tema internasional, “People first: stop stigma and discrimination, strengthen prevention,” sedangkan tema nasional HANI adalah “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar.”

“Sejalan dengan tema nasional HANI 2023 yaitu Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar, kami melakukan giat razia kamar hunian dan tes urine kepada warga binaan guna scanning peredaran narkoba di dalam rutan dan jika ditemukan kami akan tindak dengan tegas siapapun yang terlibat di dalamnya,” ujar Karutan.

Ia menambahkan bahwa hasil dari razia insidentil tidak menemukan barang-barang yang diindikasikan sebagai narkoba maupun peredarannya.

Dari razia yang difokuskan di Blok Hunian, meski petugas tidak menemukan narkoba, tetapi menemukan sejumlah benda larangan, diantaranya handphone, earphone, mancis, sajam, tali dan tongkat besi.

Kegiatan tes urine bertempat di Aula Rutan, disaksikan langsung Karutan, Kepala KPR, Tamrin Simamora SH, perawat dan Staff KPR beserta Taruna-Taruni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Berdasarkan hasil pemeriksaan skrining urine menggunakan alat multi-drugs urine tests Cup, sampel urine sejumlah 10 adalah benar negatif tidak mengandung golongan narkotika.

“Semoga Rutan Kelas IIB Humbahas selalu bersinar hatinya, bersih dari narkoba, handphone dan pirantinya,” harap Herry saat menutup kegiatan.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru