27.8 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Pemkab Sergai Launching GPM

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Pemkab Sergai melaunching Gerakan Pangan Murah (GPM) di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, sebagai upaya dalam memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan.

Launching GPM Pemkab Sergai ditandai dengan agenda zoom meeting serta digelarnya pasar murah yang ditinjau langsung Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi para Asisten, Staf Ahli Bupati, perwakilan unsur Forkopimda dan OPD terkait.

“Gelaran pasar murah ini digelar serentak mulai hari ini, di lebih dari 300 titik lokasi yang tersebar di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Kegiatan dengan nama program Gerakan Pangan Murah ini dilaksanakan untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN), khususnya menjelang Idul Adha,” ungkapnya.

Ia mengatakan pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Karena merupakan sumber energi untuk pemenuhan kebutuhan dan mempertahankan hidup.

“Secara umum, komoditas pangan di wilayah Sergai produksinya bersifat musiman. Sementara, konsumsi tersebar merata di seluruh daerah, dan berkesinambungan setiap waktu,” ujarnya.

Saat panen raya, lanjutnya, produksi dan pasokan meningkat, sedangkan saat musim paceklik pasokan dan produksi akan berkurang.

Menurutnya, terdapat kesenjangan harga antara produsen dan konsumen yang disebabkan oleh faktor yang menghambat distribusi pangan, diantaranya faktor cuaca dan ongkos pengangkutan yang tinggi.

Hal ini, sebutnya, seringkali menimbulkan terjadinya fluktuasi pasokan dan harga pangan, dimana dalam eskalasi lebih luas akan mempengaruhi terjadinya inflasi.

Oleh karenanya, GPM ini bertujuan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan serta membantu masyarakat agar mudah memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau.

“Sedangkan komoditas pangan pada kegiatan GPM ini, adalah komoditas pembentuk inflasi antara lain, beras, gula konsumsi, minyak goreng, telur ayam ras, bawang merah dan bawang putih serta komoditas pangan lainnya,” sebutnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan terkait, seperti Perum Bulog, Id Food, dinas terkait, pelaku usaha pangan, yang bersinergi dalam kegiatan GPM ini.

Berita Lainnya

Berita Terbaru