25 C
Medan
Minggu, Juni 23, 2024

HUT ke-77 Bhayangkara, Irjen Pol RZ Panca Simanjuntak Pamit Kepada Masyarakat Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak MSi berpamitan kepada pejabat dan masyarakat saat Polda Sumut merayakan HUT ke-77 Bhayangkara dengan meriah di Lapangan Belakang Mapolda Sumut.

Tampak sederet pejabat daerah hadir, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beserta ibu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Daniel A Chardin, Kabinda, Ketua DPRD, Kepala BNNP Sumut, Brigjen Pol Toga H Panjaitan dan sejumlah pejabat serta undangan lainnya.

Perayaan HUT ke-77 Bhayangkara diawali dengan upacara dengan Inspektur Upacara (Irup) Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak MSi.

Selanjutnya kegiatan dimeriahkan dengan atraksi lima penerjun payung Satuan Brimob Polda Sumut, tarian kolosal dari masing-masing kabupaten/kota di Sumut. Lalu dilanjutkan dengan syukuran pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun.

Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumut, lembaga kementerian, mahasiswa, pimpinan media, ulama, pemerintah daerah serta personel TNI dan Polri yang hadir mengikuti upacara HUT ke-77 Bhayangkara.

“Upacara HUT ke-77 Bhayangkara yang digelar menjadi semangat kita bersama dalam meningkatkan sinergitas,” ujarnya.

Ia mengatakan upacara HUT ke-77 Bhayangkara mengangkat tema “Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai, Menuju Indonesia Maju,”.

“Saya yakin sinergitas di Sumut menjadi kunci penting untuk mewujudkan daerah yang lebih maju dan bermatabat. Ke depan kita bisa melayani masyarakat lebih baik. Masyarakat harus terus berkolaborasi,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak yang dimutasi menjadi Pati Lemdiklat Polri berpamitan kepada pejabat dan masyarakat di Sumut.

Panca menyebut bahwa HUT ke-77 Bhayangkara menjadi peringatan Hari Bhayangkara terakhirnya di Polda Sumut.

“Izin pak gubernur, pak Panglima, mungkin ini, bukan mungkin lagi, yang jelas upacara saya dalam rangka hari Bhayangkara yang terakhir di Polda Sumut,” ucap Panca.

Kemudian Panca menyebut dirinya akan sertijab di Jakarta.

“Nanti, pada saatnya kami akan sertijab di Jakarta. Ini kesempatan kami pamit sekaligus kepada seluruh masyarakat Sumut. Saya dan keluarga mohon pamit,” lanjutnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh Forkompinda dan masyarakat Sumut karena telah bekerjasama dalam membangun Sumut.

“Saya selaku Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat, Pemda, TNI/Polri dan masyarakat yang selama ini bekerjasama untuk menuju Polri presisi khususnya di Provinsi Sumut,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Panca memohon maaf kepada seluruh masyarakat Sumut manakala masih adanya kekurangan dalam memberikan pelayanan.

“Percayalah ke depan Polri khususnya Polda Sumut akan terus memperbaiki diri dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan mutasi dan rotasi di dalam tubuh Polri.

Dalam mutasi dan rotasi tersebut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi ditetapkan menjabat sebagai Kapolda Sumut yang baru.

Pergantian tersebut tertuang dalam surat telegram Nomor: ST/1394/VI/KEP./2023, tertanggal 24 Juni 2023 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Dedi Prasetyo atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan pergantian Kapolda Sumut. “Ya, berdasarkan surat telegram yang terbit,” ujarnya Senin (26/6/2023).

Menurutnya, berdasar surat telegram dengan Nomor: ST/1394/VI/KEP./2023 yang dikeluarkan, Kapolda Sumut yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak digantikan oleh Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Kapolri.

Diketahui, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi merupakan pria kelahiran Wonosobo, Jawa Tengah pada 8 Maret 1967. Dia lulus Akpol tahun 1988.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru