27 C
Medan
Sabtu, Juli 20, 2024

Pembukaan Sosialisasi Transisi PAUD ke SD di Simalungun

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Bunda PAUD Kabupaten Simalungun Ratnawati Sidabutar membuka secara resmi sosialisasi transisi PAUD ke SD di Parapat.

Sosialisasi tersebut mengusung tema “Kelas awal yang menyenangkan” dan berlangsung selama tiga hari.

Narasumber dihadirkan dari Direktorat PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Teknologi dan Riset.

Dihadirkan juga Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sumut dan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sumut.

Ratnawati mengatakan di awal tahun ajaran baru, tenaga pendidik kelas 1 dan 2 diharuskan membangun enam aspek kemampuan fondasi kepada peserta didik.

Adapun enam aspek tersebut, yaitu nilai agama dan budi pekerti, sosial dan bahasa, kematangan emosi, pemahaman belajar positif, motorik dan perawatan diri serta kematangan kognitif.

Menurutnya, sosialisasi ini salah satu langkah untuk bersama-sama memahami dan satu tujuan dalam mewujudkan masa-masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung sesuai bidang kerja masing-masing, terutama bagi forum komunikasi PAUD-SD dan saling bersinergi.

“Saya siap menjadi garda terdepan untuk memajukan kualitas pendidikan di Simalungun, khususnya PAUD sampai ke masa transisi memasuki SD,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Simalungun Sudiahman Saragih mengatakan kegiatan sosialisasi dikhususkan bagi para guru kelas 1 dan 2 SD Negeri, guru PAUD, penilik, koordinator wilayah dan pengawas se Kabupaten Simalungun. (TR)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru