26.9 C
Medan
Sabtu, April 20, 2024

Enam Emas Jadi Target, Kick Boxing Cabor Andalan Sumut di PON 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Penataran Pelatih, Wasit dan Juri Cabang Olahraga Kick Boxing Bersertifikat Daerah Tahun 2023 tuntas digelar. Kegiatan diikuti 30 peserta dan berlangsung 5 hari itu berakhir di Hotel Putra Mulia Medan.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Ismail mengatakan cabang olahraga (cabor) kick boxing menjadi andalan Sumut di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

Melalui penataran ini, para pelatih, wasit dan juri diharapkan bisa lebih bersemangat lagi meneruskan pembinaan demi prestasi di PON nantinya.

“Harapannya kepada para peserta bisa berkiprah lebih jauh lagi untuk memajukan kick boxing di Sumut. Pola pembinaan olahraga perlu ditingkatkan dan laksanakan kompetisi berjenjang untuk pemetaan atlet di event nasional, khusus utk PON 2024. Karena, kick boxing ini cabor andalan Sumut,” kata Ismail mewakili Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian saat menutup penataran ini.

Sementara Sekum Kick Boxing Indonesia (KBI) Sumut Muhammad Zaid Fahry mengaku bangga akan pelaksanaan penataran ini.

Apalagi PP KBI mengirim dua utusan yakni Master Collins Mogot dan Master Polan sebagai narasumber. Ada juga lima narasumber lainnya dari Pengprov KBI Sumut.

“Kepada para pelatih, semoga cara melatih dan polanya berubah setelah dapat sertifikat ini. Kami jelas bangga melihat peserta yang tak kenal lelah,” ujarnya.

KBI Sumut memang punya target tinggi di PON 2024 nanti. Targetnya 6 medali emas harus diraih, berkaca hasil Kejurnas 2022 lalu yang juga meraih 6 emas.

“Target kita ambil bukan tanpa alasan, karena hasil Kejurnas 2022 lalu. Semangat ini harus kita bawa sampai ke PON. Kita harus bisa jaga nama baik KBI dan tentu marwah Sumut di PON,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Fahriy menyampaikan saat ini ada 13 atlet yang masuk Pelatda menuju PON 2024. Dua di antaranya merupakan atlet nasional, yakni Toni Hutapea (Emas SEA Games Kamboja 2023) dan Aprilia Eka Putri Lumban Tungkup (perunggu SEA Games Kamboja 2023).

Sebelumnya, Panitia Penataran Pelatih, Wasit dan Juri Kick Boxing Sumut 2023 diwakili Heni melaporkan, sebanyak 30 peserta dari 12 pengurus kabupaten/kota KBI se Sumut ikut serta dalam penataran ini. Kegiatan ini berlangsung sejak Kamis (10/8/2023).

Mewakili Peserta, S Purba mengucapkan terima kasih atas perhatian Dispora bersama KBI Sumut menggelar penataran. “Kami dapat ilmu luar biasa. Terima kasih kepada para narasumber dan master atas ilmu,” ucap dia. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru