26.7 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Dinas Kesehatan Deliserdang Bagi 150 KIS di Batangkuis

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Batangkuis (buseronline.com) – Kepala Dinas Kesehatan Deliserdang dr Asri Ludin membagikan 150 Kartu Indonesia Sehat (KIS) ke warga sekitar Posyandu Anggrek-5, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Batangkuis, Senin (6/5/2024).

Pembagian KIS itu terlebih dulu melewati penjaringan oleh Puskesmas setempat dan perangkat desa. Sehingga peruntukan KIS sudah benar-benar yang membutuhkan.

“Ia semalam kita bagikan (KIS) saat melihat Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP). Pada kesempatan itu saya sampaikan ke masyarakat supaya tidak bingung berobat lagi. Manfaatkan KIS yang sudah ditanggung pemerintah untuk perobatan,” kata dr Asri di Lubukpakam.

Menurutnya, sosialisasi perlu disampaikan ke masyarakat agar tidak bingung mau berobat. Mengingat program Puskesmas gratis punya kapasitas. Dimana hanya bisa menangani sampai 144 penyakit dasar.

“Lewat dari itu butuh rujukan, itulah yang kita harapkan nanti masyarakat punya alternatif baru, mereka bisa terukur berobatnya, supaya tidak ada lagi yang terlambat berobat,” tutur dia yang akrab disapa dr Aci itu.

Setelah itu ia bertolak ke Posyandu ILP di Tanjungsari, Desa Dagang Kelambir, Kecamatan Tanjungmorawa. Ia disambut Kades Dagang Kelambir, Supriadi dan Kepala Puskesmas Dalu X drg Asri Astuti Hariyani.

“Perangkat desanya luar biasa. Antusias warga yang datang sangat banyak untuk mendapatkan sosialisasi layanan kesehatan. Kita mempersiapkan alat kesehatan namun yang butuh penanganan kesehatan tentu para perangkat desa. Saya harap perangkat desa lain juga bisa mengimbau warganya agar tau cara berobat yang baik,” tutur dr Asri yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Deliserdang tersebut. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru