25.6 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Sekda Sumut: Perlu Keberimbangan antara Lapangan Kerja dan Pencari Kerja

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Deliserdang (buseronline.com) Sekda Sumut Arief S Trinugroho mendorong agar lapangan kerja semakin meningkat di Sumut. Perlu keberimbangan antara produksi tenaga kerja oleh dunia pendidikan dan ketersediaan lapangan kerja.

Mewujudkan hal tersebut, Sekdaprov Arief S Trinugroho bukan hal yang mudah namun merupakan salah satu tugas utama pemerintah. Perekonomian yang berkembang menjadi syarat utama memperluas lapangan kerja.

“Ini salah satu tugas pokok pemerintah, memperluas lapangan kerja, namun saat ini memang masih sulit di tengah ketidakpastian geo politik dunia,” kata Arief S Trinugroho saat membuka Job Fair Sumut Hebat 2024 di Gedung Serba Guna Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Deliserdang.

Arief sangat mengapresiasi langkah Disnaker Sumut menggelar Job Fair untuk memperingati May Day. Bekerja sama dengan serikat pekerja dan serikat buruh mempertemukan pencari dan pemberi kerja.

Sementara Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sumut Ismael P Sinaga mengatakan, dunia pendidikan juga perlu mempersiapkan siswa yang siap bekerja. Siap bekerja berarti mampu menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan unggul di bidangnya masing-masing.

Sedikitnya menurut Ismael ada sekitar 1.600 pencari kerja yang mendaftar pada job fair kali itu. Terdapat 600 formasi yang dibutuhkan dari 39 perusahaan terkemuka di Sumut.

“Selama 2 hari (7-8 Mei) kita akan mempertemukan pencari dan pemberi kerja, 600 formasi itu tentu cukup besar, kita berharap seluruh formasi tersebut terpenuhi,” katanya.

Hadir pada pembukaan Job Fair itu Kepala BPJS Sumbagut Henky Roshiden, jajaran Pusat Pasar Kerja Indonesia. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut, Kadin serta organisasi buruh serta tenaga kerja Sumut. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru