31.7 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Pematangsiantar Arah Tanah Jawa Energize, Evakuasi Bauran EBT Sub-Sistem Sumbagut Semakin Andal

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – PLN UIP SBU melalui UPP SBU 3, melakukan pemberian tegangan pertama (Energize) dan percobaan pembebanan SUTT 150 kV Pematangsiantar arah Tanah Jawa dan GI 150 kV Tanah Jawa (1×60 MVA).

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat-Senin, 3-6 Mei 2024 berlangsung di Kabupaten Simalungun, persisnya di Kelurahan Saribu Asih, Kecamatan Hatonduhan dan Kelurahan Marihat Baris, Kecamatan Siantar, kata Humas PLN UIP Sumbagut Khairul Zaman Nasution di Medan, Kamis (9/5/2024).

Hadir dalam prosesi tersebut Manager PLN UPP Sumbagut 3 Andhika Putra Kusuma, Imam Firdaus (AMN Dalpro UPP SBU 3), Bill Rufus Simbolon (TL Dalkons UPP SBU 3) dan Staf Dalkon UPP SBU 3.

Di samping itu, hadir juga PLN UPT Pematangsiantar Budi Santoso (Manager UPT PSR), Arief Sandy (AMN Renev UPT PSR), Donald Silitonga (AMN Konslur UPT PSR), Arianto (MULTG Toba) Herman P Siahaan (AMN Ring), Rizky Prasti Prambudi (TL Proteksi ULTG Toba), Burhanuddin (TL JarGI Toba), Hotlan Tarihoran (TL JarGI Pematangsiantar) dan dari PLN UP3 Pematangsiantar hadir Restu Eka Putra (MULP Tanah Jawa) serta hadir dari PLN Pusertif Wisnu Pamungkas dan M Ridwan Jaenuddin.

SUTT 150 kV Pematang Siantar arah Tanah Jawa terdiri dari 68 tower yang melintasi 8 Desa dan 4 Kecamatan yang berada di Kabupaten Simalungun.

Terpisah, GM PLN UIP SBU Hening Kyat Pamungkas menjelaskan, pemberian tegangan (energize) dan percobaan pembebanan sebagai rangkaian pengujian dalam rangka proses Sertifikasi Laik Operasi (SLO) instalasi dalam penyelesaian proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah kerja PLN UIP Sumbagut.

“Manfaat lainnya adalah perkuatan dan peningkatan keandalan sistem kelistrikan sub-sistem Sumbagut,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Hening, pembangunan instalasi Gardu Induk untuk keandalan evakuasi bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di wilayah kerja sub-sistem Sumbagut. (PLTmH Hatonduhan 1 x 0.4 MW, PLTmH Silau 2 x 4,5 MW, PLTBg Mandoge 1 x 2 MW).

Manager UPT Pematang Siantar Budi Santoso menyampaikan apresiasi terhadap PLN UIP SBU terkhusus UPP SBU 3 yang telah berhasil menyelesaikan instalasi GI 150 kV Tanah Jawa (1×60 MVA).

“Hal ini tentunya berdampak pada peningkatan kualitas penyaluran tenaga listrik pada Jaringan Tegangan Menengah (20 kV) PLN UP3 Pematang Siantar di Kabupaten Simalungun,” pungkasnya. (P2)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru