28 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

PB PON Sumut Siapkan Aplikasi Pendukung untuk Sukseskan PON XXI

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dalam rangka mendukung kesuksesan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024, Panitia Besar (PB) PON XXI wilayah Sumut mengadakan sosialisasi dan interlock aplikasi pendukung PON Aceh-Sumut. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan.

Wakil Ketua Harian Bidang Humas Publikasi dan Informasi Teknologi (IT) PON XXI Wilayah Sumut, Alfi Syahriza menyatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempermudah pekerjaan antar-bidang terkait pemanfaatan aplikasi.

Mengingat PON XXI akan dilaksanakan pada 8-20 September 2024, dengan mempertandingkan 34 cabang olahraga di wilayah Sumut yang melibatkan 10 kabupaten/kota, kegiatan ini sangat penting untuk memastikan koordinasi yang baik antar-bidang.

“Hari ini kita membentuk forum kerja sama yang melibatkan bidang sekretariat, protokol, humas publikasi dan IT, pertandingan, akomodasi, transportasi, bidang SDM, dan bidang konsumsi. Kami ingin menciptakan persepsi dan pemahaman yang sama dalam kegiatan upload data dan pemanfaatan aplikasi profiling pendukung identitas untuk kesuksesan PON XXI,” jelasnya.

Ia berharap sosialisasi dan interlock aplikasi ini akan memberi manfaat bagi semua bidang dalam hal pemanfaatan IT, sehingga semua bidang dapat bersinergi dan mendapatkan pemahaman yang sama, serta lebih percaya diri dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Tim Teknis Aplikasi Sport Games Management System (SGMS) dari PT Kreasi Citra Solusi, Ocky Tri Gogik menyampaikan bahwa sistem informasi profiling tersebut dibangun untuk mendukung acara PON XXI Aceh-Sumut dengan fitur-fitur yang mencakup pencatatan data akreditasi dari entitas-entitas yang terlibat, guna mengelola kegiatan secara efisien.

Sistem ini juga mencakup proses pembuatan dan pencatatan distribusi ID card yang akan diberikan kepada para peserta sesuai hasil akreditasi.

“Aplikasi ini berfungsi untuk pencatatan akreditasi dan pengelolaan, akses zona, venue, reserved seat, transportasi, serta akomodasi,” jelas Ocky Tri Gogik.

Acara ini merupakan langkah penting menuju suksesnya penyelenggaraan PON XXI yang akan berlangsung pada 8-20 September 2024 di Sumut dan Aceh. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru