32 C
Medan
Minggu, September 8, 2024

Jokowi Kembali Soroti Warga Indonesia Berobat ke Luar Negeri

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) kembali menyoroti banyaknya warga Indonesia yang berobat ke luar negeri.

Kurang lebih ada dua juta warga yang memilih pengobatan di negara tetangga Singapura hingga Jepang.

Presiden RI mengaku heran lantaran pelayanan kesehatan di sejumlah rumah sakit terbilang amat baik. Termasuk dari sisi kesiapan alat kesehatan.

Hal ini diutarakan Presiden Jokowi saat dirinya ikut berkunjung meresmikan Mayapada Hospital Bandung, Jawa Barat.

“Saya tadi baru saja masuk ke rumah sakit ini, Mayapada Hospital Bandung. Apa yang saya lihat semuanya, ruangannya, alkesnya, tata ruangnya, green buildingnya sangat sangat bagus,” katanya dalam keterangan kepada media di Jakarta.

Presiden Jokowi meminta lebih banyak rumah sakit dengan pembangunan berstandar internasional, tetapi tidak hanya bisa diakses kalangan menengah ke atas.

Namun, juga bagi mereka yang memiliki ekonomi terbatas, untuk dibantu dengan BPJS Kesehatan.

“Saya tadi sebelumnya minta kepada Dirut RS Mayapada Hospital Bandung, jangan hanya melayani yang menengah atas, tapi yang BPJS juga, tetapi ternyata sudah, sudah ada BPJS dilayani banyak di sini,” jelasnya.

Menurutnya, jika masih banyak warga negara Indonesia melakukan pemeriksaan kesehatan di luar negeri, pelayanan rumah sakit di Indonesia dikhawatirkan belum maksimal.

“Satu juta-kurang lebih satu juta ke Malaysia, kurang lebih 750 ribu ke Singapura, dan sisanya ke Jepang, ke Amerika, ke Jerman, dan lain-lain, mau kita terus-teruskan?” ujar Presiden Jokowi.

Berita Lainnya

Berita Terbaru