26.7 C
Medan
Minggu, Mei 5, 2024

Pembukaan MTQ XX Tingkat Kabupaten Sergai

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Sergai H Adlin Tambunan membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XX tingkat kabupaten yang digelar di Alun-alun Sergai.

Kegiatan berlangsung meriah diawali pawai taaruf diikuti ratusan kafilah dari berbagai daerah se-Sergai. Pawai dimulai dari Kantor DPRD menuju Alun-alun Sergai.

Usai memukul bedug tanda dibukanya MTQ, Darma Wijaya menyampaikan jika melalui kegiatan MTQ ini, masyarakat Sergai khususnya umat Islam, akan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pendalaman isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan mengusung tema “Mewujudkan generasi yang religius untuk Sergai Maju Terus”, hal ini tentu sejalan dengan visi kabupaten dalam menjadikan Kabupaten Sergai yang mandiri, sejahtera, dan religius,” ujarnya.

Darma Wijaya juga berpesan agar seluruh hasil pembangunan, baik fisik dan non fisik, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dijaga agar kemanfaatannya dapat terus dinikmati untuk masa yang akan datang.

Ia berharap, momentum ini bisa meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, sehingga nantinya para kafilah bisa mewakili nama Sergai di ajang MTQ tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

“Harapan kita bersama, semoga prestasi generasi muda yang dimiliki saat ini dapat menjadikan Kabupaten Sergai sebagai kabupaten yang cukup diperhitungkan oleh kabupaten maupun kota lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Pembukaan MTQ XX yang juga menjabat Pj Sekdakab Sergai Rusmiani Purba melaporkan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan seni baca Al-Quran dan meningkatkan pemahaman, penghayatan serta pengamalan isi kandungan Al-Qur’an.

Kemudian, untuk mengembangkan seni budaya yang Islami sekaligus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

“Kegiatan ini berlangsung mulai hari ini sampai Minggu 28 April 2024, dengan diikuti sebanyak 555 peserta dari 17 kecamatan se Kabupaten Sergai,” ujarnya.

Ia merinci peserta setiap kecamatan terdiri dari, Kecamatan Pantaicermin sebanyak 40 orang, Perbaungan 46, Telukmengkudu 23, Seirampah 42, Tanjungberingin 40, Tebingtinggi 25, Bandarkhalifah 9, Dolokmerawan 23, Dolok Masihul 49, Sipispis 12, Kotarih 29, Bintangbayu 38, Silinda 29, Serbajadi 38, Pegajahan 43, Seibamban 41, dan Tebingsyahbandar 28 orang.

“Sedangkan cabang yang diperlombakan antara lain; cabang seni baca Al-Qur’an, tartil Al-Qur’an, qiraat Al-Qur’an, hafalan Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, fahmil Al-Qur’an, syarhil Al-Qur’an, seni kaligrafi Al-Qur’an, dan karya tulis ilmiah Al-Qur’an,” rincinya.

Kegiatan yang juga dimeriahkan pameran bazar UMKM ini, turut dihadiri unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Anggota DPRD Sergai, Ketua DWP, Bhayangkari, Persit, IKA, Darmayukti Karini, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, camat, kepala desa, alim ulama, tokoh masyarakat, ASN, serta para pelajar. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru