30.6 C
Medan
Kamis, Mei 9, 2024

Pananaman Perdana Padi Bibit Varietas Unggul di Sipirok

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tapanuli Selatan (buseronline.com) – Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu bersama kelompok tani (Koptani) menanam padi varietas unggul jenis Silatihan Genjah di lahan sawah Sipirok.

Selain itu juga menanam penangkar Bawang Merah jenis varietas Batu Ijo Ijo, di Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok tersebut.

Bupati mengatakan bahwa giat tersebut adalah merupakan momentum bagi Koptan untuk mengembangkan benih padi dan bawang merah varietas unggul untuk menjadi bibit tarap nasional.

“Kegiatan ni merupakan momentum untuk mengembangkan benih padi dan bawang merah bibit unggul taraf Nasional,” ujar Dolly.

Pada kesempatan itu juga Bupati memberi tahukan, pada tanggal 26-28 April 2024 akan dilaksanakan MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel, dilanjutkan pada 1-10 Juni 2024 MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumut.

“Malam nanti, ayo kita ramaikan, MTQ ke-56 di Lapangan Bola Patuan Muda Parlindungan Kilang Papan, Sipirok,” ajak Bupati.

Kadis Pertanian Tapsel Henry Hamdani Hasibuan menjelaskan tujuan dilakukannya tanam bibit varietas itu untuk mendapatkan umur tanaman yang genjah (mempersingkat jadwal tanam) serta untuk mencukupi kebutuhan benih bawang.

Bupati juga menyerahkan bantuan bibit padi varietas ciherang 25 Kg ke 5 Koptan, bantuan bibit jagung 10 Kg kepada 2 kelompok tani. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru